5 Apr 2012

WASPADAI GIGI BERLUBANG



Ternyata , gigi berlubang saat hamil sama resikonya merokok dan minum alkohol kala hamil.  University of North Carolina melakukan studi terhadap wanita hamil yang memiliki gigi berlubang. Disini ditemukan resikonya menyamai resiko dengan mengkonsumsi rokok dan alkohol saat hamil, yakni beresiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), keguguran, bahkan ibu bisa mengalami sakit jantung.
Itu semua lantaran bakteri Streptococcus mutans  yang menjadi penyebab gigi berlubang masuk ke peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah sehingga mengganggu pertumbuhan janin. Masalah kesehatan gigi yang cukup seirus ini membuat produksi prostaglandin semakin meningkat, yang akhirnya menimbulkan kontraksi pada rahim sehingga beresiko keguguran.
Sebagai pencegahan, selain teratur menggosok gigi minimal 2 kali sehari, juga kontrol secara rutin ke dokter gigi dan kandungan. Jauh lebih baik jika sebelum hamil ibu sudah memastikan giginya sehat, misal menambal gigi yang berlubang...(bukan ban doank loh teman2  yg bisa ditambal ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar